Sabtu, Desember 20, 2008

Lokakarya Redaktur


Foto bersama dengan peserta dan pembawa makalah. Aku (jilbab hitam) berada di tengah-tengah sebelah Kepala Biro Antara Riau, Evi R (baju garis2 jilbab putih)



Lokakarya Bahasa Indonesia, Bahasa Media

Kamis, 18 Desember 2008 kemarin, aku mengikuti lokakarya Bahasa Indonesia, Bahasa Media. Lokakarya ini ditaja oleh LKBN Antara Biro Riau, yang dipimpin seorang wanita, temenku, Evi Ratnawati Syamsir. Tema ini diangkat karena bahasa yang digunakan media akhir-akhir ini sudah merusak tatanan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Banyak media salah kaprah menggunakan istilah, singkatan, dan penggunaan lainnya. Kalau dibiarkan, hal ini bisa berbahaya. Bisa-bisa masyarakat mempercayai kalau itulah yang benar. Padahal kenyataannya, media juga banyak salah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar.
Lokakarya ini diharapkan agar media terutama para jurnalis dan penulis, kembali menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa, seperti yang telah dikeluarkan Pusat Bahasa.
Sebanyak 30 lebih redaktur dari media cetak dan media elektronik mengikuti lokakarya ini yang dilaksanakan di aula Pustaka H Soeman HS. Pustaka ini baru saja selesai dengan arsitektur yang cukup megah. Katanya, pustaka ini yang terbesar di Asia. AKu juga mengakui, keindahan pustaka ini. Memang bagus dan megah. Buku-bukunya juga komplit. Dan aku menjadikan pustaka ini sebagai salah satu wisata pendidikan bagi anak-anakku. Sebab, begitu banyak buku anak-anak yang bisa dibaca. Apalagi ruangan pustaka anak tersendiri, di lantai dasar. Tempatnya aman dan nyaman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

selamat berkomentar